For Professional Healthcare

RANDOMIZED COMPARISON OF A NUTRIENT-DENSE FORMULA WITH AN ENERGY-SUPPLEMENTED FORMULA FOR INFANTS WITH FALTERING GROWTH

Clarke SE

et al. J Hum Nutr Diet 2007; 20: 329-39.

Latar Belakang :

Praktik penambahan energi pada formula bayi standar untuk bayi yang mengalami faltering growth merupakan hal yang umum dilakukan secara luas. Praktik ini meningkatkan kepadatan energi namun dapat mengganggu rasio protein: energi, dan dapat meningkatkan risiko kontaminasi mikroba, juga kesalahan dalam pernyiapan formula. Studi ini dilakukan untuk membandingkan efektivitas formula padat nutrisi/nutrient-dense formula (NDF*) dengan formula yang disuplementasi energi/energy-supplemented formula (ESF) pada bayi yang mengalami faltering growth.

Metode dan Sampel :

Open parallel Randomized controlled trial, 49 bayi yang mengalami faltering growth dibagi secara random ke dalam 2 kelompok; mendapatkan NDF (4.2 kJ/mL) dan mendapatkan ESF (4.2 kJ/mL). Dilakukan pemantauan selama 6 minggu, data terkait antropometri, biokimia, asupan susu, frekuensi BAB dan muntah.

Hasil :

Tidak ada perbedaan signifikan terkait toleransi, asupan susu, atau energi yang tercatat, namun pada kelompok NDF menerima protein 42% dan 15-40% vitamin dan mineral yang lebih tinggi (dari kelompok ESF).

Kadar turun 50% selama periode studi, menunjukkan rasio protein:energi yang kurang optimal pada kelompok ESF. Pada kelompok NDF didapati konsentrasi urea dalam darah tetap terjaga, konsentrasi kalium urin yang lebih tinggi dan tidak mengalami penurunan yang signifikan pada z-skor untuk Panjang badan, seperti yang terlihat pada kelompok ESF.

Kesimpulan :

Meningkatkan kandungan energi pada formula bayi standar tanpa meningkatkan protein dan Nutrisi mikro sebaiknya tidak dipraktikkan pada bayi dengan faltering growth.

Home

Air Susu Ibu adalah yang terbaik untuk bayi dan sangat bermanfaat. Penting bahwa dalam persiapan untuk dan selama menyusui, Anda melakukan diet yang sehat dan seimbang. Menggabungkan pemberian ASI dan botol pada minggu pertama kehidupan dapat mengurangi suplai ASI Anda, dan sulit untuk dapat menyusui kembali bila telah berhenti. Konsultasikan kepada dokter, bidan atau ahli medis lainnya untuk nasihat mengenai pemberian makan bayi Anda. Kalau Anda menggunakan formula bayi, Anda harus mengikuti petunjuk fabrikan secara seksama.

PT Nutricia Indonesia Sejahtera adalah spesialis di bidang pemenuhan gizi pada tahap awal kehidupan sejak tahun 1987. Nutricia memiliki sejarah panjang di bidang nutrisi sejak tahun 1896 di Belanda. Nutricia berinvestasi pada berbagai program riset dan pengembangan melalui kemitraan dengan para orang tua, praktisi kesehatan, universitas dan lembaga pemerintah di seluruh dunia termasuk Indonesia.

Nutricia merupakan bagian dari Danone Nutricia Early Life Nutrition. Danone adalah salah satu perusahaan makanan dan minuman terbesar di dunia yang memiliki misi memberikan kesehatan kepada sebanyak mungkin orang dan beroperasi di 160 negara dengan jumlah karyawan lebih dari 100.000 orang di seluruh dunia.

Nutricia Professional adalah sebuah website yang didedikasikan untuk para tenaga
kesehatan di Indonesia. Nutricia Professional memahami berbagai tantangan yang
harus dihadapi oleh para tenaga kesehatan, termasuk dalam menghadapi pasien
sehari-hari. Untuk itu melalui fitur-fitur edukasi andalannya, Nutricia Professional
berupaya membantu memberikan kemudahan bagi para tenaga kesehatan.

Nutricia Professional menyediakan aneka informasi penting seputar perkembangan
keilmuan terbaru di dunia kedokteran dan nutrisi anak. Beragam pengetahuan
tersebut disajikan dalam bentuk jurnal, artikel, infografis, podcast, video, konten
visual interaktif serta medical module yang dapat diunduh. Terdapat juga aneka tools
screener berbasis teknologi terbaru untuk menunjang pemeriksaan pasien, serta
web seminar dengan topik-topik terkini yang berbobot SKP.

Nutricia Professional berkomitmen untuk terus mendukung pengembangan
pengetahuan para tenaga kesehatan serta berkontribusi pada kemajuan kesehatan
di Indonesia.