For Professional Healthcare
Kesehatan

Peran Terapi Sinbiotik dalam Mendukung Keseimbangan Mikrobiota Saluran Cerna dan Menurunkan Risiko Alergi

Probiotik adalah mikroorganisme hidup berupa bakteri atau jamur yang berada di sistem pencernaan manusia. Probiotik berperan dalam melindungi dan memelihara kesehatan sistem pencernaan dari berbagai penyakit. Salah satu contoh probiotik adalah Bifidobacterium breve. Prebiotik adalah oligosakarida yang merupakan makanan probiotik. Sinbiotik adalah kombinasi probiotik dan prebiotik dengan komposisi seimbang yang bersinergi dalam terapi nutrisi dan menjaga kesehatan saluran cerna.1 (hal 1399)

Contoh sinbiotik adalah kombinasi Bifidobacterium breve M-16V yang merupakan probiotik dan campuran spesifik 90% short-chain galactooligosaccharides (scGOS) dan 10% longchain fructooligosaccharides (lcFOS) yang merupakan prebiotik.2 (hal 171) Prebiotik oligosakarida diketahui dapat merangsang pertumbuhan dan/atau aktivitas bakteri probiotik. Bifidobacteria bersama dengan Lactobacilli dikenal sebagai bakteri baik karena bermanfaat terhadap kesehatan.1 (hal 1399)

Pemberian makanan yang mengandung scGOS/lcFOS dan B. breve M-16V sejak awal kehidupan dapat mendukung kolonisasi Bifidobacterium yang merupakan bakteri baik untuk berkembang di dalam saluran cerna. Bakteri Bifidobacterium merupakan biomarker mikroba yang mencerminkan tingkat kekebalan tubuh pada bayi sehat.3 (hal 104)

Chua M, et al., melaporkan bahwa kolonisasi B. breve berkaitan dengan sensitisasi kekebalan pada bayi dan berpotensi dapat mencegah penyakit terkait alergi seperti dermatitis atopi.3 (hal 104) Beberapa uji klinis melaporkan manfaat prebiotik, probiotik, dan sinbiotik selektif dalam mencegah perkembangan penyakit alergi.1 (hal 3199) Baik probiotik maupun prebiotik berperan dalam memodulasi fungsi kekebalan tubuh, sehingga mengurangi risiko timbulnya penyakit alergi.1 (hal 1400) Penelitian oleh Schouten, et al. membandingkan efek probiotik, prebiotik, dan sinbiotik, secara khusus, menunjukkan bahwa kombinasi sinbiotik yang mengandung probiotik strain B. breve M-16V dapat mengurangi respons alergi kulit akut dan mengurangi skor anafilaksis. Meskipun mekanisme kerjanya belum diketahui dengan pasti, suplementasi sinbiotik dilaporkan dapat meningkatkan whey-specific Th1 type serum IgG2a dan IgA spesifik yang dapat ditemukan dalam tinja, selain itu juga dapat mengurangi degranulasi sel mast. Pemberian sinbiotik diyakini lebih efektif dalam mengurangi gejala alergi daripada hanya menggunakan prebiotik atau probiotik secara terpisah.1 (hal 1402)

Gambar 1. Respons alergi kulit akut yang dinilai berdasarkan tingkat pembengkakan telinga pada penelitian yang dilakukan pada tikus yang: a) diberi makan secara normal sebagai kontrol, diberikan suplementasi b) B. breve, c) GOS/FOS, atau d) diet sinbiotik.1 (hal 1400)

Air susu ibu berperan dalam pematangan sistem kekebalan tubuh, sehingga dapat melindungi bayi dari infeksi. Komponen yang terdapat dalam ASI memiliki sifat imunologi, misalnya oligosakarida yang tidak dapat dicerna, sekretori IgA (sIgA), musin, sitokin, PUFA rantai panjang, dan hormon.1 (hal 1398) Bayi yang mendapatkan ASI memiliki jumlah Bifidobacteria yang lebih tinggi dibandingkan dengan bayi yang diberikan susu formula standar. Kandungan sinbiotik yang terkandung dalam formula dapat meningkatkan jumlah koloni Bifidobacteria pada saluran pencernaan bayi.

Dalam sebuah penelitian double-blind, placebo control trial, probiotik yang mengandung Bifidobacterium breve dapat meredakan sindrom eksim/dermatitis atopik pada bayi yang peka terhadap IgE.1 (hal 1399) Modulasi mikrobiota usus dengan probiotik, mikroorganisme hidup dengan efek imunomodulator, atau prebiotik, bahan makanan yang tidak dapat dicerna yang merangsang pertumbuhan dan/atau aktivitas satu atau sejumlah manfaat terbatas bakteri usus, dapat menjadi salah satu cara pencegahan atau pengobatan yang baru terhadap alergi.2 (hal 171)

Studi epidemiologi menunjukkan hubungan antara operasi caesar dengan gangguan kekebalan tubuh, seperti perkembangan eksim/dermatitis alergi di awal kehidupan.3 (hal 102, 106) Prosedur melahirkan diduga dapat menyebabkan cetakan epigenetik. Pada operasi caesar, dilaporkan adanya keterlambatan kolonisasi bakteri, seperti Bifidobacterium dan Bacteroides. Kolonisasi bakteri tersebut berperan dalam regulasi maturasi sistem kekebalan tubuh. Keterlambatan ini disebabkan karena penggunaan antibiotik dan terjadinya lintasan akusisi mikrobiota saat operasi. 3 (hal 102)

Pada awal masa kehidupan, sistem kekebalan tubuh bayi masih berkembang dan dipengaruhi oleh mikrobiota usus. Dysbiosis yang disebabkan oleh faktor lingkungan, seperti cara persalinan dan/atau penggunaan antibiotik, dapat mempengaruhi kesehatan jangka panjang.3 (hal 102) Penelitian mengenai efek pemberian susu formula yang dilengkapi dengan galakto-oligosakarida rantai pendek (scGOS)/frukto-oligosakarida rantai panjang (lcFOS) dan Bifidobacterium breve M-16V pada bayi yang lahir dengan operasi caesar sejak awal kehidupan, menunjukkan bahwa suplementasi sinbiotik dianggap sebagai solusi nutrisi untuk membantu meregulasi respon imun melalui modulasi mikrobiota usus pada beberapa hari pertama kehidupan.3 (hal 103)

Studi klinis yang dilakukan oleh Chua M, et al., menunjukkan intervensi probiotik dapat mencegah penyakit alergi IgE mediated pada anak yang dilahirkan melalui operasi caesar. Formula yang mengandung scGOS/lcFOS dan B. breve M-16V memiliki efek positif dalam meningkatkan SCORAD (scoring atopic dermatitis) bayi dengan dermatitis atopik IgE mediated. Selain itu, formula tersebut dilaporkan memiliki efek perlindungan pada asma. Penelitian ini menunjukkan berkurangnya insiden eksim atau dermatitis atopik secara signifikan pada bayi yang diberikan suplementasi sinbiotik.3 (hal 106)

Kesimpulan

Suplementasi scGOS/lcFOS dan B. breve M16-V pada bayi yang tidak mendapatkan ASI karena adanya indikasi medis, baik yang lahir melalui operasi caesar maupun normal, dapat meningkatkan kolonisasi bifidobacteria lebih cepat pada awal masa kehidupan. Suplementasi sinbiotik merupakan solusi nutrisi dalam membantu regulasi respons imun dan pencegahan penyakit alergi seperti dermatitis atopik.3 (hal 104)

 

Hanya untuk kalangan Medis

** ASI adalah Nutrisi terbaik

 

REFERENSI

  1. Schouten. Cow Milk Allergy Symptoms Are Reduced in Mice Fed Dietary Synbiotics during Oral Sensitization with Whey. J Nutr. 2009;139:1398-403.
  2. Van der AA LB. Synbiotics prevent asthma-like symptoms in infants with atopic dermatitis. Allergy. 2011;66:170-177.
  3. Chua M. Effect of Synbiotic on the Gut Microbiota of Cesarean Delivered Infants: A Randomized, Double-blind, Multicenter Study. J Pediatr Gastroenterol Nutr. 2017;65:102-106.

Artikel Terkait

Home

Air Susu Ibu adalah yang terbaik untuk bayi dan sangat bermanfaat. Penting bahwa dalam persiapan untuk dan selama menyusui, Anda melakukan diet yang sehat dan seimbang. Menggabungkan pemberian ASI dan botol pada minggu pertama kehidupan dapat mengurangi suplai ASI Anda, dan sulit untuk dapat menyusui kembali bila telah berhenti. Konsultasikan kepada dokter, bidan atau ahli medis lainnya untuk nasihat mengenai pemberian makan bayi Anda. Kalau Anda menggunakan formula bayi, Anda harus mengikuti petunjuk fabrikan secara seksama.

PT Nutricia Indonesia Sejahtera adalah spesialis di bidang pemenuhan gizi pada tahap awal kehidupan sejak tahun 1987. Nutricia memiliki sejarah panjang di bidang nutrisi sejak tahun 1896 di Belanda. Nutricia berinvestasi pada berbagai program riset dan pengembangan melalui kemitraan dengan para orang tua, praktisi kesehatan, universitas dan lembaga pemerintah di seluruh dunia termasuk Indonesia.

Nutricia merupakan bagian dari Danone Nutricia Early Life Nutrition. Danone adalah salah satu perusahaan makanan dan minuman terbesar di dunia yang memiliki misi memberikan kesehatan kepada sebanyak mungkin orang dan beroperasi di 160 negara dengan jumlah karyawan lebih dari 100.000 orang di seluruh dunia.

Nutriclub adalah layanan dari Nutricia yang berdedikasi untuk mendampingi para Ibu Indonesia dalam perjalanan kehamilan dan tumbuh kembang bayi dan balita. Nutricia memahami bahwa hadirnya seorang bayi adalah pengalaman yang menakjubkan namun penuh dengan pertanyaan dan tantangan, terlebih bagi ibu-ibu baru. Nutriclub selalu siap untuk menjawab pertanyaan yang Ibu miliki seputar kehamilan dan tumbuh kembang bayi dan balita. Tim Ahli kami akan dengan senang hati menjawab pertanyaan-pertanyaan yang pasti mengisi pikiran kebanyakan ibu.

Nutriclub juga menghadirkan program-program yang tujuannya untuk mempermudah para ibu untuk mendapatkan informasi tentang imunitas, nutrisi, tumbuh kembang si buah hati serta memberikan layanan istimewa lainnya untuk ibu maupun si Kecil. Program Nutriclub dibuat untuk mendampingi dan membantu para ibu memberikan yang terbaik di masa kehamilan dan masa pertumbuhan emas balitanya.

Melalui, Nutriclub menampilkan ratusan artikel tentang berbagai aspek pertumbuhan maupun nutrisi yang bisa diakses oleh semua ibu. Bersama dengan Nutriclub Careline di nomor telpon bebas pulsa Nutricia dan Whatsapp Nutriclub, kami memberikan layanan untuk melakukan konsultasi langsung dengan Tim Ahli Nutriclub.