For Professional Healthcare
Kesehatan

Formula Terhidrolisa Parsial (pHF) Mendukung Sistem Imun dalam Menurunkan Risiko Alergi

Sinbiotik merupakan kombinasi antara prebiotik dan probiotik. Produk-produk yang mengandung sinbiotik memiliki berbagai manfaat kesehatan karena dapat meningkatkan kelangsungan hidup dan implantasi mikroba yang hidup di saluran pencernaan, sehingga secara selektif merangsang pertumbuhan dan/atau mengaktifkan metabolisme satu atau sejumlah bakteri yang baik untuk kesehatan.1 (hal 7579)

FDA dan WHO mendefinisikan probiotik sebagai “Mikroorganisme hidup yang bila diberikan dalam jumlah yang cukup dapat memberikan manfaat kesehatan bagi inang.” Beberapa mikroorganisme probiotik yang cukup populer digunakan adalah strain tertentu dari Lactobacillus sp, Bifidobacteria, Bacillus coagulans, Escherichia coli strain Nissle 1917, strain tertentu dari enterococci, terutama Enterococcus faecium, dan jamur Saccharomyces boulardii. Sedangkan prebiotik adalah sejenis bahan makanan berserat yang tidak dapat dicerna dan memiliki efek yang baik terhadap kesehatan inang jika dikonsumsi. Prebiotik dapat secara selektif merangsang pertumbuhan dan/atau aktivitas beberapa mikroorganisme pada kolon.1 (hal 7578)

Kata sinbiotik mengacu pada sinergisme, yang berarti harus ada hubungan yang saling menguntungkan antara senyawa prebiotik dan organisme probiotik.1 (hal 7579) Tidak semua kombinasi prebiotik dan probiotik memiliki sinergisme. Pada beberapa penelitian ditemukan bahwa kombinasi Lactobacillus rhamnosus dengan beberapa prebiotik tidak memiliki sinergisme, sehingga tidak ada efek yang berarti ketika kombinasi antara keduanya diberikan.2 (hal 50)

Mikroba koloni, seperti Bifidobacterium dan Bacteroides, memiliki peran dalam regulasi humoral dan maturasi imun yang dimediasi sel, memiliki kemampuan genom untuk menginisiasi metabolisme oligosakarida ASI, dan memberikan resistensi kolonisasi dengan menghambat pertumbuhan patogen oportunistik berlebih.3 (hal 102) Penelitian terbaru menunjukkan bahwa B. breve memiliki peran dalam sensitisasi sistem imun pada bayi.3 (hal 104)

Prevalensi alergi makanan meningkat di negara maju dan susu sapi merupakan salah satu bahan makanan yang paling sering menyebabkan alergi.4 (hal 105) Alergi makanan berkembang ketika tubuh gagal mengembangkan toleransi oral, yang memungkinkan sensitisasi alergi dan selanjutnya memproduksi IgE-spesifik alergen. Pada awalnya, strategi untuk mengatasi alergi makanan difokuskan dengan cara menghindari makanan yang yang dapat memicu terjadinya alergi, tetapi dalam beberapa dekade terakhir, strategi dalam mengatasi alergi berubah menjadi pengenalan makanan tersebut sejak dini.5 (hal 1)

Modulasi mikrobiota usus dengan probiotik (yang merupakan mikroorganisme hidup dengan efek imunomodulator), atau prebiotik (yang merupakan bahan makanan yang tidak dapat dicerna yang merangsang pertumbuhan dan/atau aktivitas satu atau sejumlah bakteri baik), mungkin merupakan metode baru dalam pencegahan atau pengobatan penyakit alergi.6 (hal 171)

Penelitian pada hewan menunjukkan bahwa probiotik dapat menghambat respon alergi pada saluran nafas dan menyebabkan sensitisasi alergi dengan menginduksi sel T regulator. Sebuah penelitian menunjukan bahwa sinbiotik, yang merupakan campuran dari oligosakarida prebiotik spesifik seperti scGOS/lcFOS yang meningkatkan jumlah bifidobakteri yang merupakan probiotik di usus besar, telah terbukti secara signifikan mengurangi kejadian mengi berulang pada anak-anak berusia 2 tahun dengan riwayat orang tua atopik. Penelitian ini menunjukkan bahwa bifidobakteri memiliki prospek dalam mengatasi penyakit saluran pernapasan akibat alergi.6 (hal 171)

Sebagai tambahan, sebuah studi klinis menunjukkan bahwa intervensi probiotik memiliki efek pencegahan pada penyakit alergi terkait imunoglobulin E.3 (hal 106) Susu formula yang mengandung Nondigestible prebiotic oligosaccharides (scGOS/lcFOS) dapat secara selektif merangsang pertumbuhan dan/atau mengaktivasi satu atau sejumlah spesies bakteri baik yang terdapat di dalam kolon dapat membantu mempercepat kolonisasi bakteri baik dan menurunkan bakteri patogen, sehingga memiliki manfaat kesehatan jika dikonsumsi.6 (hal 171) Secara khusus, kandungan oligosakarida dapat mendukung kompetensi imun dan dapat menginduksi toleransi oral, baik melalui efek langsung atau melalui stimulasi mikrobiota usus.7 (hal 1398)

Selain menambahkan sinbiotik, proses hidrolisa pada susu formula dapat mencegah timbulnya gejala alergi. Proses hidrolisa parsial pada protein whey yang terkandung dalam susu formula dapat menstimulasi lingkungan usus untuk mengembangkan toleransi (dengan peningkatan CD103 + Dendritic Cell / DC). Penelitian yang dilakukan baik pada hewan maupun manusia juga menunjukan bahwa mekanisme yang dihasilkan dari susu yang terhidrolisa dapat menginduksi toleransi oral terhadap kandungan protein dari makanan tertentu.5 (hal 6)

Kemudian, sebuah penelitian percobaan di tikus menunjukkan bahwa formula yang terhidrolisa sebagian dapat mencegah timbulnya IgE antibodi spesifik untuk protein whey terhadap β-laktoglobulin, sehingga pemberian formula whey yang terhidrolisa sebagian dapat mengurangi induksi terhadap gejala klinis yang ditimbulkan bila alergi terhadap whey.8 (hal 825)

Keunggulan formula terhidrolisa lain adalah mudah diserap dan dapat membantu mempercepat pengosongan lambung dibandingkan dengan susu sapi, sehingga mengurangi risiko aspirasi dan regurgitasi.9 (hal 582)

Kesimpulan

Kombinasi probiotik dan prebiotik dapat mengaktivasi bakteri baik di dalam usus besar sehingga baik untuk kesehatan. Selain itu, kandungan oligosakarida yang terkandung di dalam susu formula ini juga dapat mendukung kompetensi imun dan dapat menginduksi toleransi oral, baik melalui efek langsung atau melalui stimulasi mikrobiota usus.7 (hal 1398) Selain menambahkan sinbiotik, proses hidrolisa pada susu formula ini juga berperan aktif dalam mencegah timbulnya gejala alergi dengan meningkatkan CD103 + Dendritic Cell/DC, sehingga secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa kombinasi antara penambahan sinbiotik dan proses hidrolisa memiliki potensi dalam mengatasi penyakit akibat alergi.5 (hal 6)

 

Hanya untuk kalangan Medis

** ASI adalah Nutrisi terbaik

 

REFERENSI

  1. Pandey, K. R., Naik, S. R.,Vakil, B. V. Probiotics, prebiotics and synbiotics- a review. J Food Sci Technol. 2015;52(12):7577-87.
  2. van Der Aa, LB. The effects of a synbiotic in infants with atopic dermatitis. Clin Exp Allergy. 2010;40:795-804.
  3. Chua M, Ben-Amor K, Lay C, Goh A, et al. Effect of Synbiotic on the Gut Microbiota of Cesarean Delivered Infants: A Randomized, Double-blind, Multicenter Study. JPGN. 2017;65:102-6.
  4. De Kivit, Kostadinova A, Kerperien J, Morgan M, et al. Dietary, nondigestible oligosaccharides and Bifidobacterium breve M-16V suppress allergic inflammation in intestine via targeting dendritic cell maturation. J Leukoc Biol. 2017;102:105-15.
  5. Van Esch B, Kostadinova A, Garssen J, Willemsen L, Knipples L. A dietary intervention with non-digestible oligosaccharides and parsial hydrolysed whey protein prevents the onset of food allergic symptoms in mice. PhamaNutrition. 2017;5:1-7.
  6. van Der Aa, LB, et al. Synbiotics prevent asthma-like symptoms in infants with atopic dermatitis. Allergy. 2011:66:170-7.
  7. Schouten, et al. Cow Milk Allergy Symptoms Are Reduced in Mice Fed Dietary Synbiotics during Oral Sensitization with Whey. J. Nutr. 2009;139:1398-403.
  8. van Esch BCAM, Schouten B, de Kivit S, Hofman GA, Knippels LMJ, Willemsen LEM, Garssen J. Oral tolerance induction by partially hydrolyzed whey protein in mice is associated with enhanced numbers of Foxp3+ regulatory T-cells in the mesenteric lymph nodes. Pediatr Allergy Immunol. 2011;22:820–826.
  9. Billeaud. Gastric emptying in infants with or without gastro-oesophageal reflux according to the type of milk. Eur J Clin Nutr. 1990;44:577-83. 10. Mihatsch WA, Hogel J, Pohlandt F. Hydrolysed protein accelerates the gastrointestinal transport of formula in preterm infants. Acta Pediatr. 2001;90:196-8.

Artikel Terkait

Home

Air Susu Ibu adalah yang terbaik untuk bayi dan sangat bermanfaat. Penting bahwa dalam persiapan untuk dan selama menyusui, Anda melakukan diet yang sehat dan seimbang. Menggabungkan pemberian ASI dan botol pada minggu pertama kehidupan dapat mengurangi suplai ASI Anda, dan sulit untuk dapat menyusui kembali bila telah berhenti. Konsultasikan kepada dokter, bidan atau ahli medis lainnya untuk nasihat mengenai pemberian makan bayi Anda. Kalau Anda menggunakan formula bayi, Anda harus mengikuti petunjuk fabrikan secara seksama.

PT Nutricia Indonesia Sejahtera adalah spesialis di bidang pemenuhan gizi pada tahap awal kehidupan sejak tahun 1987. Nutricia memiliki sejarah panjang di bidang nutrisi sejak tahun 1896 di Belanda. Nutricia berinvestasi pada berbagai program riset dan pengembangan melalui kemitraan dengan para orang tua, praktisi kesehatan, universitas dan lembaga pemerintah di seluruh dunia termasuk Indonesia.

Nutricia merupakan bagian dari Danone Nutricia Early Life Nutrition. Danone adalah salah satu perusahaan makanan dan minuman terbesar di dunia yang memiliki misi memberikan kesehatan kepada sebanyak mungkin orang dan beroperasi di 160 negara dengan jumlah karyawan lebih dari 100.000 orang di seluruh dunia.

Nutriclub adalah layanan dari Nutricia yang berdedikasi untuk mendampingi para Ibu Indonesia dalam perjalanan kehamilan dan tumbuh kembang bayi dan balita. Nutricia memahami bahwa hadirnya seorang bayi adalah pengalaman yang menakjubkan namun penuh dengan pertanyaan dan tantangan, terlebih bagi ibu-ibu baru. Nutriclub selalu siap untuk menjawab pertanyaan yang Ibu miliki seputar kehamilan dan tumbuh kembang bayi dan balita. Tim Ahli kami akan dengan senang hati menjawab pertanyaan-pertanyaan yang pasti mengisi pikiran kebanyakan ibu.

Nutriclub juga menghadirkan program-program yang tujuannya untuk mempermudah para ibu untuk mendapatkan informasi tentang imunitas, nutrisi, tumbuh kembang si buah hati serta memberikan layanan istimewa lainnya untuk ibu maupun si Kecil. Program Nutriclub dibuat untuk mendampingi dan membantu para ibu memberikan yang terbaik di masa kehamilan dan masa pertumbuhan emas balitanya.

Melalui, Nutriclub menampilkan ratusan artikel tentang berbagai aspek pertumbuhan maupun nutrisi yang bisa diakses oleh semua ibu. Bersama dengan Nutriclub Careline di nomor telpon bebas pulsa Nutricia dan Whatsapp Nutriclub, kami memberikan layanan untuk melakukan konsultasi langsung dengan Tim Ahli Nutriclub.